Tata Cara Mengirim Tulisan ke Harakatuna

Harakatuna.com memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para pembaca untuk berpartisipasi dalam bentuk tulisan.

Kami menyediakan berbagai rubrik sebagai berikut:

  1. Resonansi: merupakan rubrik khusus yang diisi oleh para tokoh intelektual tanah air, peneliti, atau dosen. Rubrik ini adalah rubrik eksklusif yang mengulas tentang keislaman-kebangsaan atau narasi kontra-radikalisme, ekstremisme, dan terorisme.
  2. Perspektif: memuat artikel tentang tema keislaman dan kebangsaan atau topik narasi kontra-radikalisme, ekstremisme, dan terorisme, yang disajikan secara ilmiah, mendalam, analitis-teoritik dan kritis. Kanal Perspektif ini memuat topik-topik tadi dengan sudut pandang penulis berdasarkan kajian ilmiah yang sistematis. Tulisan yang tidak memuat topik terkait maka secara otomatis akan dialihkan ke kanal Opini. Sekali lagi, akan dialihkan ke kanal Opini.
  3. Resensi Buku: memuat ulasan buku-buku yang berkaitan dengan tema keislaman dan kebangsaan, atau buku yang berkaitan dengan rasai kontra-radikalisme. Buku yang diresensi juga dianjurkan buku-buku terbaru, terbitan tidak lebih dari 8 bulan. Sekali lagi, buku yang diresensi WAJIB berkaitan dengan narasi kontra radikalisme-terorisme atau buku tentang kebangsaan. Jika tidak, Harakatuna tidak akan memuatnya.
  4. Literasi. Memuat ulasan yang berkaitan dengan dunia tulis-menulis dan motivasi dalam menulis.
  5. Opini: ulasan pembaca terhadap isu-isu faktual dengan tema BEBAS. Kanal ini sengaja disediakan khusus para pembaca untuk mendialogkan gagasan, juga untuk menanggapi isu-isu populer, wacana yang menjadi pro dan kontra di dalam masyarakat, yang meliputi aspek sosial, politik, kebudayaan, agama, ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya.
  6. Asas-Asas Islam: merupakan ladang bagi para pembaca dan da’i untuk memberikan informasi keagamaan yang bermanfaat dan menunjukkan Islam yang damai dan menyejukkan. Beberapa sub-rubrik yang ada di Asas-Asas Islam ini yaitu Akhlak, Al-Qur’an, Fikih Islam, Hadis, Ibadah, Sirah Nabawiyah, Syariah, Tafsir, dan Tasawuf. Jadi, Anda bisa mengirim ke kanal Asas-Asas Islam dengan secara spesifikasi beberapa sub-rubrik tersebut.
  7. Islam dan Kebangsaan: merupakan rubrik khusus yang mengulas tentang nasionalisme dan wawasan kebangsaan.
  8. Ulasan Timur-Tengah: adalah rubrik khusus yang mengulas tentang hal-hal yang berkaitan dengan Timur-Tengah, mulai dari politik, ekonomi, atau konstruksi sosio-religio-kulturalnya.
  9. Milenial Islam: adalah kolom tentang keislaman-kebangsaan dan kepesantrenan, atau narasi kontra-radikalisme yang disajikan dengan pendekatan milenial, serta gaya penulisan milenial. Rubrik ini tetap harus ditulis sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Ketentuan dan Cara Kirim Tulisan

Kirimkan artikel Anda dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Asli, tidak plagiasi, tidak saduran, tidak kompilasi dan tidak rangkuman buku/kitab atau pendapat orang lain.
  2. Bila dalam tiga minggu sejak pengiriman tidak dimuat, maka naskah bisa dialihkan ke media lain.
  3. Panjang naskah kanal Asas-Asas Islam tidak dibatasi. Artinya, menyesuaikan ketuntasan tema atau kajian yang sedang dibahas (satu pembahasan utuh).
  4. Panjang naskah kanal Perspektif antara 600 hingga 1.000 kata dengan format RTF, spasi 1,5. Kami menyarankan agar setiap satu kalimat tidak lebih 20 kata dan satu paragraf tidak lebih dari 300 kata.
  5. Adapun untuk naskah Opini, panjang tulisan minimal 500 kata. Diketik dengan format RTF dengan menggunakan spasi 1.5.
  6. Panjang naskah resensi minimah dua halaman. Sertakan foto buku yang bersangkutan.
  7. Tulisan dikirim langsung melalui website (Log-Inatau ke email: [email protected]/harakatuna dengan subjek sesuai dengan jenis naskah. (Naskah yang dikirim via website lebih diutamakan).
  8. Kontributor baru wajib mencantumkan nomor rekening pribadi dan sertakan Bank di badan email saat mengirim naskahKhusus kontributor baru yang log-in via website dan naskahnya diterbitkan, silahkan kirim nomor rekening pribadi ke no WA (081584763674).
  9. Adapun naskah yang mendapatkan honor, pembayaran oleh redaksi akan ditransfer ke rekening yang aktif (wajib rekening pribadi. Apabila rekening yang dicantumkan bukan rekening pribadi, maka honor tidak akan ditranfer (kembali ke redaksi).
  10. Naskah yang mendapatkan honor; Perspektif (Rp. 100.000,-), Resensi buku (Rp. 75.000,-), dan Literasi (Rp. 50.000). Biaya transfer antar bank (kecuali BRI) ditanggung oleh penulis.
  11. Tulisan yang dikirim melalui akun (submit article) diprioritaskan untuk dimuat.

Publikasi Tulisan

Mengingat konten yang terbit di website Harakatuna.com, sebagian besar adalah dari luar (penulis dan pembaca), maka redaksi akan mengatur jadwal publikasikan konten-konten tersebut sebagai berikut:

Kanal Opini: kanal berbasis jurnalisme warga yang berisi bahan segala sesuatu yang kekinian ini,  terbit setiap hari.

Kanal Perspektif. Dalam satu Minggu akan memuat lima tulisan.

Kanal Resensi Buku. Khusus pada hari Ahad/Minggu.

Kanal Literasi. Terbit pada hari Sabtu.

Asas-Asas Islam. Setiap hari minimal satu tulisan.

*syarat dan ketentuan sewaktu-waktu dapat berubah, periksa secara berkala.

Terbaru