28 C
Jakarta

Perhatikan 4 Hal Penting Ini Saat Sakit

Artikel Trending

Setiap orang pasti selalu menghendaki dalam keadaan sehat. Secara logika tidak ada orang yang ingin sakit. Namun demikian terkadang nikmat berupa sehat ini banyak sekali dilalaikan oleh manusia. Manusia banyak yang tidak memperhatikan kesehatannya karena merasa sehat-sehat saja. Padahal amatlah penting untuk menjaga kesehatan di waktu sehat, karena ketika sakit baru merasakan betapa nikmatnya orang sehat. Dan perlu diketahui apabila dalam keadaan sakit maka perhatikanlah 4 hal penting ini.

Orang sakit sudah tentunya wajib untuk bersabar seraya berusaha dan berikhtiar untuk mencari kesembuhan. Namun demikian Habib Abdullah Al-Haddad mengingatkan untuk selalu memperhatikan 4 hal penting saat sakit. Beliau berkata

وينبغي للمريض أن يحترز من النجاسات أن تصيبه في بدنه أو في ثيابه، فتمنعه من الصلاة ، وليحذر كل الحذر من ترك الصلاة، وليصلي على حَسَب حاله، قاعدا او مضطجعا، أو كيف أمكنه، ولا يختم عمله بالإضاعة لعماد الدين الذي هو الصلاة.

Artinya, “Hendaknya orang sakit bersikap hati-hati terhadap najis yang menimpanya baik mengena pada badannya ataupun pakaiannya yang dapat menghalangi keabsahan shalatnya. Juga hendaknya ia berhati-hati jangan sampai meninggalkan shalat. Hendaknya ia tetap shalat sesuai dengan keadaannya baik dengan cara duduk, terlentang, atau sebisanya. Jangan sampai hidupnya berakhir dengan melalaikan tiang agama, yakni shalat.” (Sayyid Abdullah bin Alawi Al-Haddad, Sabîlul Iddikâr wal I’tibâr bimâ Yamurru bil Insân wa Yanqadli Lahu minal A’mâr [Dar Al-Hawi, 1998], cet. II, hal. 54).

4 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Sakit

Dari perkataan Habib Abdullah Al-Haddad ini dapat diketahui bahwa orang Islam harus memperhatikan 4 hal penting saat sakit, yaitu

BACA JUGA  Lima Sifat Terburu-buru Yang Menjadi Sunah Rasulullah

Pertama, orang Islam dalam keadaan sakit pun harus tetap berhati-hati terhadap najis yang mengena pada badan atau pakaiannya. Hal ini karena najis dapat menghalangi keabsahan shalat. Orang sakit umumnya tidak leluasa dalam bergerak sehingga ketika buang hajat, misalnya, terkadang harus dilakukan di atas tempat tidur. Dalam kondisi seperti ini tidak tertutup kemungkinan ada najis mengena atau menempel pada pakaian atau (anggota) badannya

jika orang yang sakit masih bisa bergerak maka harus tetap menjaga najis, karena najis membuat shalat yang dilakukan tidak sah. Kemudian bagi orang sakit yang tidak bisa bergerak, maka amat penting bagi keluarga atau orang terdekatnya untuk menjaganya dari najis.

BACA JUGA  Pentingnya Mendoakan Seorang Pemimpin

Kedua, orang sakit jangan sampai lalai terhadap kewajiban shalatnya. Perlu diketahui bahwa shalat adalah kewajiban seorang muslim apa pun kondisi dan keadaannya.

Ketiga, hendaknya orang yang sakit untuk tetap shalat dengan kemampuan terbaiknya. Apabila masih bisa berdiri maka shalatlah dengan berdiri. Dan apabila hanya dimungkinkan shalat hanya memakai isyarat hati maka lakukanlah shalat dengan isyarat hati.

Keempat jangan sampai meninggal dalam keadaan lalai terhadap shalat. Pada umumnya orang yang sakitnya agak parah atau orang sakit pada umumnya yang dipikirkan adalah kapan maut akan menjemputnya. Maka amatlah penting ketika sakit untuk tetap shalat sesuai dengan kemampuannya dan amatlah berbahaya apabila sampai meninggal dalam keadaan lalai terhadap shalatnya.

Demikianlah 4 hal penting saat sakit yang harus diperhatikan, semoga Allah selalu memberi kita kesehatan dan dijauhkan dari murkanya, Amin.

 

 

Khalwani Ahmad
Khalwani Ahmad
Pemerhati Sejarah Peradaban Islam Nusantara

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru