26.7 C
Jakarta

Kontribusi Ormas Islam Penting untuk Bina Keberagaman

Artikel Trending

Harakatuna.com. Jakarta  Kehadiran ormas Islam sangat penting untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama. Salah satunya dengan mengkampanyekan penghormatan atas keberagaman di Indonesia.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin menilai bahwa keberadaan ormas Islam karena sudah berkontribusi untuk merajut keberagaman. Ini terlihat dari sebagian besar kegiatan organisasi umat Islam yang selama turut mengampanyekan wasatiyatul Islam.

“Organisasi kemasyarakatan Islam sudah kontribusi sudah merajut keberagaman pluralitas Indonesia rekat dengan ormas ini,” kata Kamaruddin dalam Webinar Kebangsaan bertema ‘Peran Ormas Islam Dalam Memperkokoh Nilai-Nilai Kebangsaan di Masa Pandemi’, Sabtu 20 Februari 2021.

Ia juga menekankan bahwa ormas Islam juga berperan penting dalam menginternalisasi nilai-nilai kebangsaan. Pihaknya mencohkah salah satunya membangun toleransi antar sesama umat Islam dan seluruh anak bangsa. Menurutnya umat Islam selama ini telah banyak berbuat untuk merajut keragamaan ini. Dan hal ini perlu terus dilakukan oleh semua umat beragama.

BACA JUGA  Cegah Radikalisme, Polri Diminta Intensif Koordinasi dengan Tokoh Agama

Melihat hal ini, ormas Islam dinilai mampu untuk membangun sebuah kerukunan umat beragama di tengah situasi dan kondisi bangsa yang beraneka ragam suku, agama dan budaya. Pada akhirnya, hal ini pun membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu menerjemahkan arti dari keberagaman.

Masyarakat Islam di Indonesia perlu menjadi percontohan bagi umat agama lain. Sebagai agama masyarakat mayoritas Islam harus terus memberi teladan yang baik bagi bangsa ini. “Indonesia pantas mengartikulasikan keberagaman Islam makanya kita promosikan realitas keberagaman bangga,” kata Kamaruddin.

Maka dalam merealisasikan hal ini pemerintah serta ormas Islam harus terus bersinergi untuk mengawal kerukunan antar umat beragama. Mengingat paham-paham radikalisme juga mulai muncul dan berpotensi mengancam keutuhan bangsa.

BACA JUGA  Libatkan Semua Pihak untuk Cegah Aksi Terorisme

Kementerian Agama sejauh ini terus menggandeng ormas dan Lembaga Dakwah Islam untuk mewujdukan visi pembangunan Indonesia maju dalam bidang keagamaan.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru