Imam Ghazali memprediksi Lailatul Qadar-sebagaimana disitir oleh Syaikh Abu Bakar Syatha di I’anatut Thalibin juz 2 hlm 257- yaitu:
- apabila permulaan Ramadhan pada hari Minggu dan Rabu, maka Lailatul Qadar tepat pada malam ke-29.
- Apabila permulaan Ramadhan jatuh pada hari Senin maka malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-21.
- Apabila permulaan Ramadhan jatuh pada hari Selasa dan Jum’at maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-27
- Apabila permulaan Ramadhan hari Kamis, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-25
- Apabila permulaan Ramadhan hari Sabtu maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-23.
Pendapat ini juga diikuti oleh Syihabuddin al Qolyubi dalam Hasyiata Al Mahalli, yang merupakan syarah al Mahalli karangan Jalaluddin al Mahalli pensyarah kitab Minhajut Thalibinnya Imam Nawawi.
Syaikh Abu Bakar Syatha juga melampirkan pendapat lain yang berbeda dengan di atas, yaitu:
- Apabila permulaan Ramadhan jatuh pada hari Jum’at maka Lailatul Qadar pada malam ke-29.
- Apabila permulaan Ramadhan jatuh pada hari Sabtu maka Lailatul Qadar pada malam ke-21.
- Apabila permulaan Ramadhan jatuh pada hari Minggu maka Lailatul Qadar pada malam ke-27.
- Apabila permulaan Ramadhan jatuh pada hari Senin maka Lailatul Qadar pada malam ke-29.
- Apabila permulaan Ramadhan jatuh pada hari Selasa maka Lailatul Qadar pada malam ke-25.
- Apabila permulaan Ramadhan jatuh pada hari Rabu maka Lailatul Qadar pada malam ke-27.
- Apabila permulaan Ramadhan jatuh pada hari Kamis maka Lailatul Qadar pada malam ganjil setelah malam ke-20.
Wallahu a’lamu bisshawabi