33.2 C
Jakarta

Anda Sering Ingat Kebutuhan Hidup Saat Sholat, Waspadalah!

Artikel Trending

Coba bayangkan dan renungkan sejenak selama ini dan sampai detik ini. Saat menjalankan sholat seringkali kita diingatkan oleh kebutuhan-kebutuhan duniawi dan pula saat kita kehilangan barang atau sesuatu, tiba-tiba saat sholat teringat semuanya. Coba tanyakan pada diri sendiri, sebenarnya apa yang menyebabkan hal demikian ini?. Saat membaca kitab Al-Adkar Karya Imam Nawawi, penulis menemukan jawabannya dan ternyata ingat kebutuhan hidup saat sholat merupakan cara setan untuk menjauhkan orang Islam dari surga.

Saat membaca kitab Al-Adkar, dalam bab zikir setelah sholat, penulis menemukan sebuah hadis yang memuat zikir yang memudahkan orang Islam masuk surga dan juga menemukan salah satu alasan kenapa orang Islam seringkali ingat kebutuhan hidup saat sholat. Adapun hadis tersebut adalah

Diriwayatkan dalam kitab Sunan Abi Dawud, at-Tirmidzi, An-Nasa’i, dari Abdillah bin Umar, dari Nabi Muhammad, Nabi bersabda, “Terdapat dua perkara jika seorang Muslim menjaganya maka akan masuk surga. Dua perkara itu mudah dilakukan tapi sedikit orang yang menjalankan. Yaitu membaca tasbih, tahmid, dan takbir, masing-masing 10 kali setiap selesai shalat fardhu. Jika ditotal jumlah bacaannya adalah 150 kali dalam ucapan dan 1.500 kebaikan dalam timbangan amal. Kemudian membaca takbir 34 kali, tahmid dan tasbih masing-masing 33 kali menjelang tidur. Jika ditotal menjadi 100 kali dalam ucapan dan 1.000 kebaikan dalam timbangan.”

Mendengar hadis Rasulullah serentak para sahabat bertanya, “Mengapa dua hal yang mudah, namun sedikit yang menjalankan?” Rasulullah menjelaskan bahwa setan datang kepada salah satu dari kalian ketika hendak tidur. Setan menidurkannya sebelum ia membaca zikir tersebut (tasbih, tahmid, dan takbir). Dan ia (setan) datang dalam shalatnya kemudian mengingatkan hajat-hajatnya sebelum ia membaca zikir tersebut.” (Imam Nawawi, Al-Adkar, Semarang: Pustaka ‘Alawiyah, hal. 68-69)

Ingat Kebutuhan Hidup Saat Sholat dan Solusinya.

Hadis diatas menunjukan bahwa orang Islam sangat-sangat dianjurkan untuk mengamalkan zikir yang sangat mudah mengantarkannya kedalam surga namun sangat jarang yang melakukannya.

BACA JUGA  Doa Dijauhkan dari Bencana Banjir Saat Hujan

Zikir tersebut adalah membaca tasbih 10 kali, tahmid 10 kali, dan takbir 10 kali setelah melakukan sholat. Jika ditotal sehari melaksanakan sholat lima kali maka telah membaca 150 kali. Dan akan mendapatkan pahala 1500 kali karena berdasarkan sabda Nabi setiap kebaikan akan dilipatkan sepuluh kali. Dan juga dianjurkan untuk membaca dzikir tersebut, tasbih 34 kali, tahmid 33 kali dan takbir 33 kali yang ditotal ada 100 kali ucapan zikir sebelum tidur.

BACA JUGA  Inilah Perbedaan Sholat Malam dan Sholat Tahajud

Namun demikian, setan tidak menghendaki umat Islam dengan mudahnya masuk surga dengan zikir tersebut. Oleh karenanya setan menggoda manusia seperti yang diterangkan dalam hadis diatas dengan menidurkan sebelum membaca zikir. Dan juga mengingatkan kebutuhan hidup saat sholat, sehingga setelah selesai sholat tidak melakukan zikir akan tetapi langsung melaksanakan kebutuhan hidupnya.

Walhasil, marilah kita langgengkan membaca zikir tersebut setelah melaksanakan sholat maupun sebelum tidur. Dan semoga dengan membaca zikir ini kita akan dimudahkan masuk surga seperti janji Rasulullah dalam hadis tersebut. Wallahu A’lam Bisshowab.

Khalwani Ahmad
Khalwani Ahmad
Pemerhati Sejarah Peradaban Islam Nusantara

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru