28 C
Jakarta

Amalan Menjadi Hamba Yang Paling Dicintai Allah

Artikel Trending

Hal yang paling membahagiakan adalah dicintai oleh orang yang paling kita cintai. Dan paling lebih membahagiakan lagi adalah bisa menjadi manusia yang paling dicintai Allah. Dicintai Allah adalah kebahagiaan puncak, hal ini karena jika Allah telah mencintai hambanya dan Allah telah ridho kepada hambanya, tiada balasan lain kecuali surganya. Dan perlu diketahui ada amalan untuk bisa menjadi hamba yang paling dicintai Allah.

Manusia sudah pastinya akan berusaha semaksimal mungkin dan beramal sebaik mungkin untuk bisa mendapatkan cinta dan ridhonya Allah. Dan inilah amalan dan perbuatan yang bisa menjadikan seorang hamba paling dicintai Allah berdasarkan Hadis Nabi Muhammad.

Nabi Muhammad bersabda

أحب العباد إلى الله تعالى أنفع الناس للناس وأفضل الأعمال إدخال السرور على قلب المؤمن يطرد عنه جوعا أو يكشف عنه كربا أو يقضي له دينا.

Artinya, “Hamba yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat kepada orang lain. Sementara amal yang paling utama adalah memasukkan kebahagiaan di hati orang yang beriman yang menolak rasa lapar, membuka jalan atas kesulitannya, atau membayarkan utangnya.

Bermanfaat Bagi Orang Lain Adalah Amalan Untuk Menjadi Hamba Yang Paling Dicintai Allah

Dari Hadis ini bisa diketahui bahwa, hamba yang paling dicintai oleh Allah adalah orang-orang yang paling bermanfaat untuk orang lain. Dan tentunya dari hadis ini kita juga tahu bahwa amalan agar bisa menjadi hamba yang paling dicintai oleh Allah adalah memberi kemanfaatan kepada orang lain.

BACA JUGA  Tanda-Tanda Diterimanya Sebuah Taubat, Apa Saja?

Ketika sudah menjadi hamba yang paling dicintai oleh Allah, sudah pasti akan menjadi sebaik-baiknya hamba. Dan Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa sebaik-baiknya hamba adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain.

خَيْرُ الناسِ أَنفَعُهُم لِلنَّاسِ

Artinya “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” [HR. Thabrani].

BACA JUGA  Dua Nikmat Perlindungan Allah Kepada Manusia, Apa Saja Itu?

Memberikan kemanfaatan kepada orang lain ini bisa menjadi sebuah amal yang paling utama juga disisi Allah. Dan memberikan kemanfaatan kepada orang lain berdasarkan hadis Nabi Muhammad di atas tersimpul dalam tindakan. Satu, memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Dua, memberikan makan. Tiga, membukakan jalan atas kesulitannya. kemudian yang keempat adalah membayarkan hutang-hutangnya.

Dan terakhir, semoga kita bisa menjadi orang yang selalu bisa memberikan kemanfaatan kepada orang lain, terlebih lagi diera pandemi, banyak orang yang kesusahan. Oleh karenanya, marilah ulurkan tangan kita untuk membantu sesama. Tentunya membantu sesama akan memberikan rasa bahagia kepadanya. Dan bukankah membantu sesama akan bisa menjadikan kita sebagai hamba yang paling dicintai oleh Allah..?

 

 

 

 

 

Khalwani Ahmad
Khalwani Ahmad
Pemerhati Sejarah Peradaban Islam Nusantara

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru