28 C
Jakarta

6 Kewajiban Orang Islam Terhadap Sesama Orang Islam

Artikel Trending

Orang Islam dalam menjalani kehidupan di dunia ini pastinya memiliki kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan oleh syariat. Baik itu kewajiban dalam ranah ibadah maupun dalam ranah muamalah atau pergaulan terhadap sesama manusia. Semua kewajiban tersebut apabila dilaksanakan tentunya akan mendapatkan ganjaran disisi Allah Swt. Dan taukah apa saja yang menjadi kewajiban orang Islam terhadap sesama orang Islam?

Syariat Islam juga mengajarkan kewajiban-kewajiban orang Islam terhadap sesama orang Islam. Setidaknya berdasarkan hadis Nabi Muhammad Saw. ada 6 kewajiban orang Islam terhadap sesama orang Islam. Nabi Muhammad bersabda

حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ

Artinya: “Kewajiban orang Islam terhadap sesama orang Islam itu ada enam yaitu apabila bertemu, ucapkan salam. Dan apabila diundang penuhilah undangannya. Apabila dimintai nasihat, berilah nasihat. Apabila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah, doakan dia dengan melafalkan yarhamukallah. Kemudian apabila sakit jenguklah. Apabila meninggal, iringilah (sampai pemakaman)”. [HR: Muslim]

6 Kewajiban Orang Islam

Dari hadis ini bisa didapat suatu keterangan bahwa kewajiban orang Islam terhadap orang Islam lainnya itu ada enam, yaitu

Pertama, orang Islam apabila bertemu dengan sesama orang Islam wajib mengucapkan salam. Hal ini menunjukkan bahwa Islam selalu menganjurkan pemeluknya untuk mengenal satu sama lainnya. Dan dengan memberikan salam saat bertemu tentunya kan menambah rasa akrab dan solidaritas sesama orang Islam.

BACA JUGA  Doa Agar Diberi Kesabaran dan Kegigihan

Kedua, diantara 6 kewajiban orang Islam terhadap sesama orang Islam adalah apabila diundang dalam suatu acara atau hajatan maka wajib untuk memenuhi undangan tersebut. Tentunya karena menjadi sebuah kewajiban apabila berhalangan hadir karena ada uzur sesuatu maka berikanlah kabar kepada orang yang mengundangnya.

Ketiga, apabila orang Islam dimintai sebuah nasehat maka wajib untuk memberikan nasehat. Hal ini seperti yang disabdakan Nabi Muhammad bahwa agama itu adalah nasehat.

BACA JUGA  Perempuan Punya Hak Jum’atan?

Keempat, apabila ada orang Islam bersin dan mengucapkan alhamdulillah, maka orang Islam lainnya yang mendengarkan wajib untuk mendoakan dengan mengucapkan yarhamukallah.

Kelima adalah kewajiban seorang muslim untuk menjenguk saudara muslimnya ketika sedang sakit. Tentunya ini hal ini akan membangun solidaritas dan rasa tolong menolong.

Keenam, terakhir diantara 6 kewajiban orang Islam terhadap sesama orang Islam adalah mengantarkan jenazah orang Islam sampai pemakaman. Tentunya hal ini selain menumbuhkan empati juga akan menjadi pengingat bagi manusia, bahwa semua manusia akan mati dan oleh karenanya akan semangat dalam beribadah kepada Allah. Nabi Muhammad juga berpesan cukuplah kematian sebagai pengingat.

Demikianlah 6 kewajiban orang Islam terhadap sesama orang Islam. Semoga dengan menjalankan ini, kita akan menjadi orang Islam yang kaffah dalam menjalankan keislamannya.

 

 

Khalwani Ahmad
Khalwani Ahmad
Pemerhati Sejarah Peradaban Islam Nusantara

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru